Mengapa Matematika Begitu Penting?

March 27, 2020

Berjuta angka dan rumus dalam matematika dianggap sebagian anak sebagai salah satu momok di antara banyaknya mata pelajaran di sekolah. Nilai pelajaran matematika juga tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu sumber kekhawatiran orang tua saat menerima rapor anak. Apakah akan ada tinta merah dengan nilai yang mengecewakan? Atau nilai sang anak pada pelajaran ini justru membanggakan?

Hingga kini, matematika memiliki citra sebagai salah satu ilmu yang kurang mengasyikkan, karena penuh dengan bilangan dan rumus yang sepertinya tidak akan bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari anak. Pertanyaan seperti, “Buat apa menghitung volume balok dan prisma?” yang hadir di benak anak, secara tidak langsung mempengaruhi niat anak untuk mau mengenal matematika lebih jauh.

Matematika berperan besar dalam membantu anak untuk mengasah kemampuan berpikir analitis, sistematis, kritis dan logis sebagai bekalnya untuk menghadapi dunia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengubah paradigma pembelajaran matematika yang tidak mengasyikkan dan penuh kesulitan dalam memecahkan soal, menjadi sebuah hal yang fun dan mengundang rasa penasaran anak untuk mau mempelajarinya.

Banyak cara yang lebih inovatif untuk menyiasati penyampaian pelajaran matematika ke anak. Misalnya, mengajarkan cara berhitung melalui soal cerita seperti layaknya sedang mendongengkan anak atau mengajarkan berhitung menggunakan contoh-contoh barang yang berada di sekitar mereka. Belajar matematika akan lebih efektif jika cara penyampaiannya bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari.

Salah satu trik yang kami gunakan untuk melakukan pendekatan semacam ini adalah dengan menggunakan manga. Manga adalah komik khas Jepang. Anak cenderung menyukai gambar-gambar atau visual dengan alur cerita yang dekat dengan kesehariannya. Unsur kata-kata yang digunakan dalam manga yang juga dipakai dalam percakapan sehari-hari juga dapat menambah koleksi kosakata di masa pertumbuhannya.

Melihat pentingnya esensi dasar matematika untuk masa depan anak, mari ajak mereka untuk menyukai matematika sejak dini agar anak terbiasa menggunakan logika yang sehat, pikiran kritis, dan langkah-langkah yang pasti dalam setiap mengambil keputusan.