Menakar Pentingnya Soal Cerita

March 27, 2020

Dalam pelajaran matematika, anak sering menemui 2 macam soal, yaitu soal aritmatika dan soal cerita.

Sebagian besar anak terbiasa dengan soal aritmatika. Terkadang orang tua mereka pun menuntut untuk menghafal rumus-rumus perhitungan cepat. Lalu bagaimana jika suatu saat anak menemukan soal cerita?

Berbeda dengan soal aritmatika, soal cerita biasanya dianggap lebih sulit oleh anak-anak. Sebagian besar dari mereka mengaku malas membaca dan tidak mengerti maksud soal. Mengapa demikian?

Untuk menyelesaikan soal cerita, anak harus memahami dan merumuskan masalahnya terlebih dahulu. Setelah itu mereka mencari operasi hitung yang tepat, lalu melakukan perhitungan. Agar dapat mengerjakannya, tidak cukup hanya dengan menghafal rumus.

Pada dasarnya, matematika itu tidak terbatas pada kemampuan berhitung atau menghafal rumus saja. Logika berfikir dan pemahaman dasar yang kuat untuk memecahkan masalah amatlah penting. Permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari baisanya tidak langsung muncul dalam bentuk kalimat operasi hitung. Mari berikan pemahaman matematika yang kuat agar anak mampu menghadapi, tidak hanya soal-soal di sekolah namun juga masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.